Selasa, 29 November 2011

Batita Balita

Jujur aja, awalnya saya agak keberatan nulis catatan ini :D secara minat menulis saya lagi mengendur gitu. Tapi setelah saya pikir-pikir lagi ternyata boleh juga tu di tulis. Itung-itung berbagi pengalaman lah hehe Jadi ceritanya temen saya –kak Lul Mustafa- ngewall saya minta share cara Ummi mendidik anaknya usia batita sampai balita. Waktu itu sih, saya spontan bales wallnya dengan kata-kata “wah saya nggak tau gimana cara didiknya kak, syaa nggak inget” :D :D eeh.. kak Lul nggak nyerah ternyata, kak Lul minta saya tanya gitu ke Ummi. Hemmm.. saya bilang aja lagi banyak kerjaan dan jarang Online –emang kayak gitu kenyataannya- tapi seperti di atas, boleh juga tu di tulis. Itung-itung berbagi pengalaman lah hehe –copy paste :D :D Oke, buat kak Lul, sebelumnya saya minta maaf ya udah nolak permintaan kak Lul. Sekarang saya okein deh. ni buktinya, hasil wawancara singkat saya sama Ummi –nggak sampe 15 menit soalnya hehe-.. Cuma agak melebihi batas nggak papa ya, kan katanya kak Lul mulai batita sampe balita tu, tapi disitu ada sampe 7 tahun :D :DDD -ooo- Sebelum mulai nomor satu dan seterusnya, jawaban pertama Ummi ketika saya tanya bagaimana cara mendidik anak usia batita-balita adalah “semua keperluan anak Ummi sendiri yang menangani, baik soal mandi, makan dan lain-lain, Ummi tidak menyerahkannya pada siapapun.” Yaaah.. mungkin untuk membangun kedekatan antara Ibu dan Anak plus biar Anaknya nurut sama sang Ibu ya, makanya langkah awal adalah melayani semua keperluan anak seorang diri tanpa bantuan orang lain! Gitu. Cuma mungkin tapi, saya kan belum jadi Ibu. Hehe.. lanjut 1. Ketika anak udah bisa merangkak Biasanya kalo anak merangkak kan senengnya tu makan apa aja yang dia liat. Di emut-emut gitu, sembarang dingah dimasuki mulutnya. Nah, pas saya bersodara udah bisa merangkak dan pengen ngemut-ngemut barang yang nggak bisa di makan, otomatis Ummi nyegah kami. Cuma bilang “ish, jijik, nggak baik.” –sebenernya saya heran, masih merangkak kok udah bisa dibilangi? Eh ternyata katanya Ummi anak segitu udah faham. Makanya mulai di didik biar nggak jorok. Mungkin begitu maksudnya Ummi nyegah anaknya ngemut-ngemut barang. Hehe 2. Ketika anak udah mulai bicara Kalo anaknya Ummi, mulai bicara pas usia 1 tahunan gitu. Udah manggil-manggil Baba, katanya Ummi. Hehe. Nah kalo kami udah bisa manggil Baba, Baba, gitu, sama Ummi kami diajari alif ba ta. Cuma diajari ngelafadzin alif ba tanya aja, sekedar bisa ngucapinnya aja gitu.. mungkin biar nanti kalo besar baca Alqur’annya tinggal lancar doang kali ya? hehe.. 3. Ketika anak udah mulai bermain Ini udah mulai masuk usia 2 tahunan. Bagi Ummi dan Baba, mainan itu sangat penting dan harus dipenuhi –tapi mainan sesuai usia- soalnya dengan mainan-mainan itu bisa mengasah pikiran dan kecerdasan anak. Tapi kami nggak dibiarin main sendiri, Ummi bahkan nunggu dan mengarahkan kami ketika kami bermain. Nah pas main-main inilah, Ummi mulai mengenalkan Allah pada kami, mulai mengajar kami menghafal surat-surat pendek. Kayak Al-Ikhlash, Al-Falaq, An-Nas dsb. Gampangnya bermain dan belajar. Disitu Ummi Cuma ngasih satu ayat-satu ayat biar nggak bosen. Itu aja diulang-ulang sampe kami hafal 100% satu ayat entu, sekira udah hafal satu ayat, baru lanjut ke ayat seterusnya. Sampe selesai juz amma deh! Lalu seiring bertambahnya usia, Ummi mulai mendidik kami untuk beresin mainan-mainan kami dan mengembalikan pada tempatnya. Jadi kami didik untuk bertanggung jawab. Begitu. Tapi seinget saya Ummi ngebiarin kami mainan dengan apa adanya juga. Contohnya ni, dulu saya suka buat rumah-rumahan boneka dari kaset-kasetnya Baba. –Baba punya kaset banyak banget yang dibawa pulang dari Makkah-Madinah dulu- Disitu saya ditunggui juga sama Ummi, dan Baba diem aja tu kasetnya saya ubrak-abrik, bongkar sana-sini Cuma dibuat main rumah-rumahan. Paling Ummi sama Baba baru ngelarang kalo adik-adik saya mainin pita kasetnya doang :D :DD 4. Ketika anak memasuki usia 3 – 5 tahun Disini Ummi mengenalkan kami pada huruf-huruf. Alif ba ta, ABC dan 123. Jadi tadi waktu udah mulai bicara kan diajari ngelafadzin alif ba ta, nah sekarang di kenalin tulisannya. Kalo alif itu tulisannya gini, ba tulisannya gitu.. dan seterusnya. Begitu sampe usia 5 tahun, baru Ummi ngajarin kami nulis, ngajarin baca dan ngajarin berhitung. Sedikit demi sedikit aja, asal anaknya mau. Pas lagi mood gitu lah hehe. Jadi nggak pake acara maksa-maksain segala. Kalo kaminya nggak mau ya Ummi nurutin dulu. Nantiii.... Ummi ngajak lagi. Yah pokoknya semaunya anaklah, anak mau ya ayo, anak nggak mau ya oke :) Enaknya, pas sodara-sodara saya yang cowok masuk Sekolah Dasar, mereka udah pada bisa baca dan nulis. Alhamdulillah ya, sesuatu.. hehe 5. Ketika anak memasuki usia 6 – 7 tahun Nah, karena udah diajari baca, sekarang Ummi tinggal mendidik anaknya biar suka baca. Ummi beliin kami majalah anak-anak. Nanti diajari dari majalah itu juga, diajari membaca, mewarna, menghitung dsb. Pokoknya yang penting suka baca dulu lah. Makanya Ummi dan Baba seneng kalo liat kami rebutan majalah. Kan itu tandanya kami seneng baca, berarti didikannya Ummi dan Baba berhasil hehe. Lagipula dengan majalah kan bisa menambah pengetahuan. Kayak saya ini nggak sekolah, tapi seenggannya lah saya ngerti hal baru dari majalah itu. yang nggak ada di buku-buku IPA, IPS, MTK dll. Hehe.. –btw ntu majalah dari mulai kecilnya kakak pertama saya sampe sekarang udah tersusun rapi di rak gede. Yang udah di bundel maupun belom. Jadi bingung bacanya hehe- But! Nggak Cuma suka baca, tapi harus suka shalat berjama’ah. Masuk usia 7 tahun ni, Ummi Baba ngajakin kami shalat. Cuma ngajak loh, nggak pake perintah. Cuma dengan kata-kata “ayo shalat.” Makanya kami bakalan nangis kalo kami ngga shalat berjama’ah, secara kami ngerasa ditinggal dan nggak diperhatiin lagi gitu hueheee.. :D Di usia ini pula, Ummi ngebuatin kami jadwal waktu. Waktunya belajar jam segini, waktunya hafalan jam segitu, waktunya bermain nanti kalo udah beres semuanya. Hehe.. kenapa gitu? Tentu aja biar kami bisa mengatur waktu dengan baik dan waktu nggak sia-sia begitu saja :) 6. Ketika anak nggak mau makan, minta sesuatu dan mulai bandel Hahaha.. kayaknya saya nggak suka makan dari kecil ni ya :D :D katanya Ummi, dalam masalah makanan Ummi nggak maksa. Jadi kalo saya nggak mau tahu tempe ya udah, ganti telor. Kalo nggak mau telor ya udah ganti lainnya lagi. Kalo nggak mau makan yaudah dibiarin dulu, ntar dibujuk lagi. Kalo masih nggak mau, ah nanti kalo laper pasti bilang sendiri –itu Cuma saya, lainnya kaga :D :DD- Disamping ituuu... Yang namanya anak kecil juga suka minta ini minta itu, pengen beli ini pengen beli itu, begitu juga kami. Dan Ummi selalu nurutin apa yang kami minta, tapi nggak langsung seketika itu juga. Jadi contohnya kami minta beli mainan hari selasa, nanti selasa depan baru dibeliin. Weuh, lamanyaaa. pas saya tanya kenapa gitu jawabnya Ummi “untuk meredam nafsu.” Hah?! Saya kaget. Iya sih selama ini emang kayak gitu caranya Ummi sama Baba nurutin kemauan saya. Tapi saya nggak nyangka aja kalo didikan itu berlaku sejak saya masih kecil banget dan hampir nggak ingat semua itu. ckck.. komentar saya gini “ya Allah, Ummi.. masih kecil kok udah dididik meredam nafsu?” eh ternyata Ummi berwajah serius dua kali lipat. “tentu saja, ya memang seperti itu seharusnya.” Saya manggut-manggut. Ummi bener juga sih, belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu. Jadi untuk meredam nafsu pun harus dimulai sejak kecil biar kalo besar nggak susah-susah ‘adaptasi’ dan terbiasa serta melekat dihati. Ummi, love U full!!! Sekarang gimana kalo kami bandel? Apa yang diucapkan Ummi biar kami nggak bandel lagi? Ternyata Ummi nggak pernah bilang ‘jangan’ –bahkan sampai sekarang saya nggak pernah dengar Ummi bilang ‘jangan’ ke saya- Ummi Cuma bilang “itu nggak baik,”. Wah simpel banget, tapi manjur bin mujarab hehe 7. Ketika anak mulai suka main keluar Yah, mungkin udah pada punya temen, jadi bawaannya pengen keluar mulu kalo main. Pengen main sama temen-temen gitu. Secara selama ini Cuma main sama mainan-mainan di rumah, pengen cari suasana baru kali ya? hehe.. kalo kami udah mulai suka main keluar, Ummi nggak tinggal diem aja. Kemanapun pergi harus ada izin ke Ummi atau ke Baba. Tapi nggak semudah itu juga kalo main keluar, pesennya Ummi sama Baba –yang sampe sekarang masih terngiang di telinga saya kalo saya mau main ke tetangga- “nanti kalau sudah waktunya shalat, pulang.” So, istilahnya kami dididik buat jadi anak yang disiplin! -ooo- Haaah.. Alhamdulillah akhirnya selesai juga. Cuma sekelumit sih, tapi semoga bermanfaat. Amin :) Catatan ini kan cara Ummi dan Baba mendidik anaknya dari 7 tahun ke bawah. Kalo pengen tau caranya Ummi sama Baba mendidik anak dari 7 tahun ke atas, bisa di baca di catatan-catatan jadul saya: Bagian Pertama :D sampe Bagian Ke.. berapa ya? lupa. Hahahaha.. Wa ‘ala kulli hal, dari wawancara singkat saya dengan Ummi saya jadi tahu, dalam mendidik anak di perlukan kesabaran yang besar dan tak ada kata capai apalagi menyerah. Dan tentu saja, mendidik anak tidak Cuma sekedar mendidik anak seorang diri, tapi harus dengan Allah. Yaitu dengan mendoakan anak agar menjadi anak yang sholih sholihat dan berbakti kepada orang tua. Semoga kita menjadi anak yang berbakti dan orang tua yang mendidik. Amiin Wabillahittaufiq :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar