Selasa, 08 Maret 2011

Orang Tua Jasmani dan Ruhani

Suatu sore, Baba menasihati saya di ruangan Baba. Di ruangan yang gelap itu hanya ada saya, Baba dan Ummi. Tak ada siapapun lagi. Nasihat itu hanya untuk saya dan langsung di ucapkan pada saya. Tapi saya akan berbagi nasihat itu, karena nasihat itu sangat indah, indah sekali..

-@@@-

Kita memiliki dua orang tua, yaitu orang tua jasmani dan orang tua ruhani.

Orang tua jasmani adalah orang yang merawat dan menjaga kita, yaitu ayah dan ibu kita sendiri

Orang tua ruhani adalah orang yang mendidik dan membimbing jiwa kita, yaitu guru kita

Orang tua jasmani Baba adalah mbah Aly dan mbah Muthmainnah, karena mbah Aly dan mbah Muthmainnah yang merawat Baba dari kecil hingga besar

Orang tua ruhani Baba adalah Abuya Muhammad, karena Abuya adalah gurunya Baba yang telah mendidik dan membimbing jiwa Baba selama ini

Kepada kedua orang tua jasmani dan ruhani kita, kita harus selalu berbakti.

Tapi Baba dan Ummi merangkup kedua orang tua jasmani dan ruhanimu, karena itu jika kamu berbakti pada Baba dan Ummi maka hatimu akan tenang dan tak akan goncang. Tapi bila sedikit saja kamu menyalahi Baba dan Ummi, maka hatimu akan resah dan kamu akan susah.

-@@@-

Manis sekali dan sangat berharga..

Lalu setelah saya perhatikan, ternyata memang benar demikian. Saat saya bersalah pada Baba dan Ummi saya merasa sangat gundah, saya susah dan bingung. Saya sangat ingin menangis. Tapi jika saya sudah meminta maaf, kegundahan itu akan hilang seketika..

Ah, begitu juga dengan teman-teman kan?

Kita harus berterimakasih pada Allah yang telah memberikan kita dua orang tua yang sangat menyayangi kita, juga pada dua orang tua kita yang tanpa mereka kita tidak akan ada dan tidak akan jadi manusia yang berguna..

Dari saya sendiri, saya berterimakasih kepada Allah yang menjadikan Baba dan Ummi sebagai dua orang tua saya, jasmani dan ruhani..

Semoga kita bisa menjadi anak yang berbakti pada orang tua jasmani dan ruhani kita. Amiin..

Wabillahittaufiq :)

2 komentar:

  1. Assalaamu'alaikum Dik Lulu. Keren juga nih blognya...Saya Mbak Luluk Dik, yang kemarin sempat ke rumah. Nggak lupa kan sama saya? he..he..Alhamdulillah punya orang tua seperti Baba dan Ummi. Senang bertemu Dik Lulu dan keluarga. Lihat blogku juga ya...catatanmutiaraku.blogspot.com. Jazakillah Dik..

    BalasHapus
  2. waalaiakumussalam.. makasih ya mbak udah mampir hehehehe.. tentu inget lah, masa kaga.eh mbak, ni blogku aneh tenan loh, jangan diketawain ya hehehe

    BalasHapus