Senin, 30 Agustus 2010

Berjalan diatas Perut

Kejadiannya udah agak lamaan sih, pas aku masih kinyis-kinyis dan baru aja ngerasa jadi remaja: umur 14 tahun, bok :D



Seperti biasa, setiap abis shubuh aku setor hafalan qur’anku sama Ummi. Waktu itu aku baru nyampe surat anNuur. Setelah setoran, Ummi ngebacain ayat setelahnya untuk aku hafalin besok.



Berhubung aku udah 14 tahun dan udah fashl tsalits mustawal ibrida’I, aku punya satu keingininan. Berbeda dengan usia-usia sebelumnya, aku yang kalo dibacain alqur’an ato baca sendiri Cuma asal baca kali ini enggak. Aku harus mulai baca plus bisa ngerti artinya. Malu bok masa udah 14 tahun nggak bisa ngartiin? Dikit-dikit kan lumayan daripada enggak sama sekali –kaya’ sekarang udah pinter ngartiin qur’an aja, padahal nggak jauh beda sama usiaku yang 14 tahun itu :D- yaaah, pokoknya ngerti dikit-dikit! Ntar kalo ada –banyak- yang nggak ngerti udah diam dulu, tugasku dari Baba dan Ummi kan Cuma hafalan doang, belum sampek ngartiin apalagi nafsirin. Oke, berjalan aja apa adanya, Lue. Buat ayat-ayat yang kamu belum ngerti artinya, ntar kamu bisa Tanya Baba sama Ummi. Ato buka langsung ntu qur’an terjemah.



Oke, aku mulai nyimak bacaannya Ummi sambil ngarti-ngartiin gitu, Cuma: meskipun aku kayaknya bisa ngartiin tapi aku belum ngerti tafsirnya sama sekali.



Kembali ke topic semula. Aku masih serius nyimak Ummi dan nyari-nyari artinya. Sampe pas Ummi baca ayat ke 45 yang berbunyi:



والله خلق كل دابة من ماء فمنهم من يمشي على بطنه ومنهن من يمشي على رجليه ومنهم من يمشي على اربع.... الاية



Aku agak terperanjat kaget. Pikiranku berputar-putar. Kalo makhluq yang berjalan pake dua kaki aku tau, ya aku ini salah satunya. Kalo yang berjalan pake empat kaki aku juga tau, sapi misalnya. Nah kalo yang berjalan diatas perut? Apa? Emang ada makhluq kaya’ gitu? Kalo kutu mah, berjalannya diatas kepala. Bukan diatas perut..



Gitu dah, lagi-lagi aku mbulet. Pikiranku melayang kemana-mana nyari makhluq yang berjalan diatas perut itu. Aku udah nggak konsen lagi sama bacaannya Ummi.



Aku masih aja terbengong-bengong dan penasaran sama makhluq yang satu ini. Apa sih?? Kaya’ gimana coba makhluq yang berjalan diatas perut itu?? Kok aku nggak pernah tau ya? Masa karena aku nggak sekolah sih? Ah tapi nggak mungkin Cuma karena itu. Tapi apa dong????

Sampe pada akhirnya, Ummi selesai bacain aku satu kaca. Tapi akunya masih nggak sadar juga saking penasarannya sama makhluq tersebut. “Lub?” panggil Ummi membuyarkan lamunan mumetku. “eh iya Mi?” sahutku linglung. Plongak-plonhok gitu. “ayo dibaca,” jawab Ummi dengan wajah heran. Aku jadi terbata-bata baca ayat demi ayat itu, kaget. Hehehe…



Setelah aku baca semua ayat yang dibacain Ummi aku masih diam didepan Ummiku itu. Ummi masih tampak heran dengan kelakuanku yang aneh nggak kaya’ biasanya. “ayo mbak-mbaknya dipanggil,” pinta Ummi buat manggilin mbak-mbak yang udah antri aku buat setoran ke Ummi. Aku masih diam. “ngg… bentar Mi mau Tanya.”

“apa? Cepat, sudah dikejar waktu.”

“iya Mi. ini loh, saya itu kok nggak dong sama makhluq yang ini. Kan yang berjalan pake dua kaki itu sebangsa manusia, ada yang lain nggak Mi? terus yang pake empat kaki kaya’ onta, serigala, kucing.. ya kan Mi?”

“ya. Terus?”

“nah ini Mi. saya itu nggak habis pikir ada makhluq yang berjalan diatas perut. Kok bisa ya Mi? emang ada makhluq macam itu? Jenis apa Mi? manusia? Hewan? Jin? Tumbuhan? Benda padat? Ato apa?”

“ya hewan dong Lub. Lalu apalagi..”

“hewan apa toh Mi..! orang kutu itu berjalannya diatas kepala, bukan diatas perut.” Aku bersungut-sungut gitu, nggak terima dan bersikukuh, ngotot banget. Padahal nggak tau apa-apa juga akunya ini.

“itu, ular, hewan-hewan melata. Berjalannya kan diatas perut.”

Sontak aku makin terkejut teperanjat kuaget banget! Hah? Ada ular berjalan diatas perut?? Gimana itu jadinya!

“duh Mi.. gimana sih! Emang sejak kapan ular dan hewan-hewan melata itu berjalan diatas perut? Perutnya siapa coba? Mana ada sih Mi. ah,” aku sewot dan tetep ngotot. Tiba-tiba saja Ummi tersenyum kecil, lalu tawanya tergelak.

“apa yang kamu pikirkan Lubabah? Kalau seperti itu jelas tidak ada!”

“lha terus Mi?” tanyaku semakin bingung, emang ada yang salah dari artianku?

“Kamu lihat ular dan hewan-hewan melata lainnya, mereka berjalan diatas perut mereka sendiri. Mereka tidak berjalan dengan kaki!” jelas Ummi sambil menahan tawa.



Aku pun terdiam. Lama. Pikiranku kembali berputar-putar. Berjalan diatas kaki…? Oh!

“jadi.. bukan berjalan diatas perutnya makhluq yang lain ya Mi?” tanyaku malu-malu. Ummi mengangguk dan masih menahan tawanya. Aku hanya bisa nyengir dan perlahan-lahan aku mundur, lalu pergi meninggalkan Ummi dengan muka memerah. Tawa Ummi tergelak sekali lagi. Duuuh….!



Suer waktu itu aku maluuu banget. Iyah malu, malu sama Ummi dan malu sama diriku sendiri. Kok bisa-bisanya aku ngotot didepan Ummi. Padahal Ummi itu Ibuku, yang ilmunya jauh-jauh lebih buanyak diatasku. Yang udah sangat berpengalaman. Uhu,,

Lalu sejak saat itu, aku punya satu keinginan lagi. Yaitu nggak ngotot-ngotot dan sok tau didepan orang-orang yang jauh lebih pintar dan lebih banyak ilmunya. Dan menjadi penguat pegangan hidupku itu lagi saat usiaku 16 tahun dan sampai pada surat Yusuf:



وفوق كل ذى علم عليم...



Wabillahittaufiq :)



Catatan kecil: aku hafalannya mulai juz 30 sampe 15, lalu setelah itu dimulai lagi dari juz 1 sampe 14. Jadi jangan bingung kalo pas usiaku 14 tahun udah juz 18 eh pas 16 tahunnya malah juz 13. Heheheh :Dv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar