Rabu, 16 Februari 2011

Al-Ahqaf 15

Kemarin siang, saya mengaji di kamarnya Ummi, tepatnya juz 26. Disamping saya ada Isro' yang sedang menggambar. Tiba-tiba Ummi masuk dan menyuruh saya SMS ke ca'Muh yang sedang keluar.

Seketika itu saya langsung enggan. Saya pikir, Ummi itu gimana, ada Isro' yang cuma gambar kenapa nyuruh saya yang sedang mengaji..??

Hah?! Tiba-tiba saya kaget. Ya Allah astaghfirullah.. Kok bisa-bisanya saya enggan, padahal saya cuma mengaji yang merupakan ibadah sunnah, sedangkan menuruti perintah orang tua adalah wajib?!!

Tanpa berpikir lagi saya langsung mengangguk dan menulis sms untuk ca'Muh. Dan Ummi pergi meninggalkan kamar.

Saya pun meruskan mengaji dengan hati yang kacau. Ada kalam suci dalam hidup saya, yang di sana terpatri perintah berbakti pada orang tua.

Hati saya semakin sakit saat saya sampai pada ayat 15 dari surah Al-ahqaf

ووصينا الانسان بوالديه احسانا حملته امه كرها ووضعته كرها.. الاية

"Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkan dengan susah payah (pula).."

Ummi masuk lagi ketika ada balasan dari ca'Muh, lalu lagi-lagi Ummi menyuruh saya yang membalas.

***

Mungkin Ummi sedang menguji sampai dimana saya menuruti perintah beliau. Adakah saya akan menuruti perintah Ummi atau bahkan saya tetap melanjutkan mengaji?

Terimakasih Ummi, engkau menyadarkanku akan hal penting yang sempat terlupa. Maafkan bila ku belum bisa menjadi putri idaman Ummi..

2 komentar: