Kamis, 18 November 2010

Iqro' Bismi Robbik

Suatu hari, saya dan adik saya bertanya tentang arti iqro’ bismi Robbik pada Baba. lalu Baba menjawabnya dengan jelas dan sangat detail :)



***



Antara ilmu yang diwakili iqro’ dan dzikir yang diwakili bismi Robbik harus seimbang. artinya bila kita ingin mencari ilmu yang manfaat harus di upayakan dengan giat dan berdzikir. kebanyakan orang hanya iqro’, tidak ada dzikir, kacau balau. kebanyakan yang lain dzikir sajatanpa iqro’, menjadi orang bodoh. program islam adalah ilmu dan amal.



Kemudian Allah memberikan ilmu kepada kita dengan dua cara: ‘allama bil qolam, yaitu kita disuruh upaya. ‘allamal insaana maa lam ya’lam, yaitu diberi langsung oleh Allah. tapi, ‘allamal insaana maa lam ya’lam tidak akan terjadi selama orang itu tidak mempraktekkan ‘allama bil qolam. ya’ni, disamping kita upaya kita harus tetap mengandalkan Allah. bila ini yang terjadi, ilmu manfaatlah yang kita peroleh. ilmu yang dalamlah yang kita peroleh, dan dampak positif di tengah masyarakat. sesuai dengan semboyan: al-‘ilmur roosikh wan naf’u linnaas…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar