Sabtu, 04 September 2010

Lulü Ilue Kecil

Parengan, salah satu desa yang tenang dan asri (ciye) dikota Soto, Lamongan. Lulü Ilue, seorang gadis kecil berusia 10 tahun tercatat sebagai penduduk aslinya meskipun berBapak dari Gresik. hehehe..



Lulü Ilue kecil terlahir dari keluarga yang anak perempuannya nggak boleh sekolah, peraturan ini yang merintis adalah Tuan Aly Imron Muhammad, ayahanda dari si Lulü Ilue kecil sendiri.



Lulü Ilue kecil agak nggak terima juga kenapa dia nggak boleh sekolah. pasalnya, waktu dikelas –di tarbiyatul banat: sekolah untuk anak-anak perempuan usia SD menimba khusus ilmu agama- Cuma dia yang nggak bisa ikutan nimbrung sama temen-temennya. mereka bilang: aku abis dibeliin sepatu! ikat pinggangku bagus loh! nah kan, Lulü Ilue kecil jadi diem seribu bahasa soalnya dia nggak dibeliin yang begituan sama Ayahnya.



jadi intinya si Lulü Ilue kecil itu nggak terima kalo dia nggak boleh sekolah, karena jadi Cuma dia yang nggak punya sepatu dan ikat pinggang. lalu nggak bisa ikutan nimbrung sama temen-temennya deh. kan melas banget. hehe



baiklah, Lulü Ilue kecil mulai bisa menerima alasan sang Ayah: nanti kamu campur sama laki-laki, Baba nggak suka.



hemm.. betul betul betu. ucap hati Lulü Ilue kecil. tapi suatu hari, Lulü Ilue kecil kembali nggak terima dengan keputusan baru. sang kakak yang suka usil tiba-tiba kali ini memulai aksinya, dia muncul dengan formulir pendaftaran kursus bahasa inggris.



apa?!! Lulü Ilue kecil nggak habis pikir. ngapain sih kakak ketiganya itu usil kali ininya kayak gitu! kayak nggak ada kerjaan lain aja! mana tiba-tiba Ayah dan Ibunya setuju sama usul kakaknya itu lagi!



tidaaaak..!!! teriak hati Lulü Ilue kecil. aku nggak mau ikut kursus! ngapain coba? hah? buat apa bahasa inggris ntar? toh aku juga nggak bakalan jadi presenter ato wartawan. pikirnya ngelantur. hehehe



dia nggak mau-nggak mau malah kena semprot kakak pertamanya. uhu.. mengapa malang sekali nasib gadis 10 tahun ini! ooo... dia hanya bisa menumpahkan keluh kesahnya pada kakak kedua. yah untung-untung kakak keduanya itu pengertian deh. solidaritas perempuan kali ya? hehehehe...



huh, pokoknya sejak saat itu Lulü Ilue kecil jadi buenci banget sama dua kakaknya. dia ngerasa hidupnya jadi berantakan kacau balau. dua kakaknya itu udah ngebuat hidupnya jadi porak poranda! oooh... ngapain si ngatur-ngatur aku? kamu kan bukan bapakku! gitu, lagi-lagi pikirannya ngelantur.



dan ternyata alasan si Lulü Ilue kecil nggak mau ikutan kursus bahasa inggris simple: aku kan nggak boleh sekolah, jadi sekarang aku nggak mau kursus dong. kan kursus bahasa inggrisnya campur laki-laki sama perempuan. yaudah aku nggak boleh sekolah sekarang gentian aku nggak mau kursus! owalaaah.. ternyata Lulü Ilue kecil pengen bales dendam ni ceritanya? nggak boleh atuh sayang…!



tapi karena Lulü Ilue kecil Cuma seorang anak perempuan berusia 10 tahun, dia kalah. dia tetep harus ngisi formulir terkutuk itu dan ngikutin kursus yang nggak pernah dia bayangin sebelumnya. Cuma hatinya sedikit terhibur, soalnya dua sahabat Lulü Ilue kecil –Ayun dan Dita- juga ikut kursus itu. kakak keempatnya juga. jadi ada temen dia



tapi lagi… Lulü Ilue kecil harus kembali shock nggak terima. ntu dua sahabat ternyata masuk kursus gelombang pertama, sedang si Lulü Ilue kecil masuk pada gelombang kedua! itu artinya dia nggak akan sekelas dengan sahabat-sahabat imutnya. Lulü Ilue kecil pengen banget nangis. dia nggak bisa bayangin sekelas dengan orang-orang yang nggak dia kenal tanpa orang yang dikenalnya



Ibu pun berperan. ditengah kerapuhan anak gadisnya itu sang Ibu menghiburnya: ada kakak disana, kamu nggak sendiri digelombang kedua… huuuft… Lulü Ilue kecil jadi lega dengernya.



akhirnya kelas pun dimulai. Lulü Ilue kecil ngerasa udah lebih nerima keputusan kakak dan Ayahnya. tapi penderitaannya kembali lagi: sang kakak yang seharusnya selalu menemani dia disaat jam pelajaran jarang banget masuk! waktu dia ngadu ke Ayahnya, sang Ayah Cuma bilang: biarkan saja, kamu teruskan saja, ya. tidaaak…! lengkap sudah penderitaanku. jerit hati Lulü Ilue kecil tersayat-sayat. hehehehe



yaudah, karena Lulü Ilue kecil pengen juga ngebahagiain Ayah dan Ibunya –tanpa ngebahagiain sang kakak- akhirnya Lulü Ilue kecil mau tetep ngikutin kursus. dengan hati dongkol tentunya. habis dia musti kursus dijam yang sama dengan jam masuk sekolah diniyahnya. ihiksss…



tapi ya, lama kelamaan Lulü Ilue kecil mulai bisa ni’matin kursus inggrisnya itu. meski dia pelajari ogah-ogahan tapi dia seneng banget. soalnya pak gurunya baik banget sama Lulü Ilue kecil. mungkin pak gurunya itu kasihan kali ngeliat Lulü Ilue kecil, udah paling kecil, sendirian, pendiem, kurus lagi! hehehe.., yah pokoknya Lulü Ilue kecil jadi ngerasa punya temen. mana sebentar waktu kemudian dua sahabat imutnya pindah kelas lagi, jadi sekarang Lulü Ilue kecil punya temen buat rame. hehehe.. berangkatnya udah bertiga. pokoknya Lulü Ilue kecil jadi seneng banget



setelah hampir 3 tahunan Lulü Ilue kecil ngikutin kegiatan itu, akhirnya Lulü Ilue kecil selesai juga. dia lega banget meskipun sertivikatnya nggak keluar. pak gurunya molor, jadi ditinggal aja sama Lulü Ilue kecil. hehehehe..



begitu beranjak remaja, pikiran Lulü Ilue yang udah nggak kecil lagi mulai terbentuk. dia nginget-nginget cerita panjang dan menyebalkan dalam hidupnya. lalu dia pun berfikir dan membuat kesimpulan:



“sebenernya dua kakakku itu nggak jahat kok. yang ketiga ngasih formulir dan yang pertama ngamukin kalo aku ga mau,,, mereka ngelakuin itu karena dia mikirin aku. pasti mereka pikir, meskipun aku nggak sekolah aku nggak boleh kalah sama yang lain. aku harus bisa juga yang namanya bahasa inggris. jadi sebenernya mereka nggak ngehancurin hidupku, tapi membangunnya. iyah, membangun hidupku untuk masa depannya. dan Baba, Baba ngebolehin aku ikut kursus meskipun kelasnya campur laki-perempuan, itu karena kursus Cuma 2 kali sepekan. jadi Baba nggak perlu khawatir, lagian aku waktu itu masih kecil. dan ada kakakku yang jagain meskipun dia bolet. jadi intinya: nggak ada yang perlu aku kesalin apalagi sesalin dalam kursus inggrisku itu. dan buktinya sekarang, aku bisa juga bahasa inggris meskipun Cuma sedikit-sedikit. meskipun Cuma ngerti kata-katanya doang. meskipun nggak bisa bercakap dengannya. tapi setidaknya aku tetep ngerti. aku punya bekal dan potensi untuk itu. toh, bahasa inggris juga pasti ada gunanya. untuk kehidupanku bersama temen-temen diluar, untuk kehidupanku dengan kepenulisan, dan yang terpenting: untuk kehidupanku dengan perjuangan..



terimakasih untuk kakak pertamaku, yang marah bukan karena kebencian, tapi karena kasih sayangnya.tanpa kemarahan kakak aku pasti tetep bersikukuh buat nggak ikut kursus.



terimakasih untuk kakak keduaku yang ngertiin aku dan selalu ngasih semangat. tanpa keberadaan kakak untuk nerima 'cerita'ku aku pasti nggak punya temen dan bener-bener putus asa sudah.



terimakasih untuk kakak ketigaku yang perhatian sama aku lewat formulirnya, tanpa formulir dari kakak aku pasti akan terdiam tanpa mengerti sedikitpun.



terimakasih untuk kakak keempatku yang bersedia untuk ikut kursus sekelas denganku, tanpa kakak aku bener-bener sepi meskipun kakak jarang masuk. hehehehe



terimakasih, terimakasih kakak-kakakku semua. aku jadi cinta banget deh sama kalian. terimakasih, ya. fajazaakumulloh ahsanal jazaa’.. :-* (untuk ca'al) :-* (untuk mba'um) :-* (untuk ca'mad) :-* (untuk ca'muh) :-* :-* :-* :-* (untuk semua sebagai permintaan maafku. maafin ya, awas kalo tidak :D :D :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar