Sabtu, 24 Juli 2010

Air Mata Si Bontot Pada 27 Rajab 1431 H

selepas berjamaah ashar bersama Ummi, aku keluar shaf untuk melepas dahaga. alah ga nyambung. hehehe…
intinya, selepas ashar aku dan si bontot bercakap-cakap. serius bok, ga kayak biasanya yang angger njeplak aja xD
kataku –yang sebelumnya tafkkur dalam diam- : Lubabah
si bontot Tanya: maksudnya apa?
aku: ah enggak.. Cuma inget arti namanya aja…
si bontot: emang artinya Lubabah apa?
aku: kata Baba sih, hati yang baik.. eh, yang terbaik. pokoknya semacam itu lah
si bontot: katanya intisari???
aku: ya apa bedanya sih, intisari sama yang terbaik?
si bontot: hehehe…
aku: kalo Ummi Kultsum, kamu tau?
si bontot: apa?
aku: Ummi Kultsum itu ibu yang lembut, penuh kasih sayang..
si bontot: kalo Isro’ apaaa?????
aku: ya perjalanan malam…
si bontot: ihiks…
hah?
aku yang semula lendah-lendeh jadi agak kaget. oh bukan ding, bukan agak kaget. tapi kaget banget. abis dipelupuk bocah bau kencur ntu menggenang air. dia nangis!
aku: hoi kamu kenapa?! tanyaku sambil menahan tawa. wajah si bontot kian memerah aja tu! aku jadi rada-rada kagak tega ngeliatnya. abisnya jidatnya yang nonong itu jadi tambah keliatan nonong. (alah ga nyambung lagi… hehe)
si bontot: kok nama-nama kakakku artinya bagus namaku kayak gini?!! jawabnya tersedu-sedu.
terang aja aku langsung diam seribu bahasa –cz Cuma bisa Indonesia, jawa ama arab. arab pun masih kagok, plegak-pleguk getu. hehe-
mataku menyipit
pipiku menggelembung
mulutku tertutup ujung jari tangan kananku.
lalu,,,,
“uwahahahahaha…!!!”
bom tawaku sukses meledak tanpa bisa untuk dijinakkan!
aku: eh kamu mikir apa sih??? haaaah?? hahahahaha… ihihi.. huhuhuhuh, hahahahah xD xD
bontot: uuh, ihiks.. hikss.. hiks… namaku. uhu…. srooot…!!! x(
aku makin ngakak aja ngeliat tampangnya yang ketekuk-tekuk gitu. mana dia nekuk tampangnya sambil nahan tawa lagi!
ih, bisa bayangin lucunya gak sih? udah jidat nonong, tampang nekuk, eh pake nahan tawa! beneran ni si bontot. hehe
udah, aku Cuma ketawa gak bisa berkata-kata. perutku sampe sakit.
aku: yaudah lah, kan yang Isro’ Cuma Rosululloh! Nabi lainnya nggak ada loh!!
si bontot: iya, tapi.. ihiks.. ihikss… huhuhuhu.... ihiiiksss!!
aku: ha? hahahahah!!
Ummi: loh, nama anaknya Abuya juga Isro’ kan.
si bontot: huhuhuh.. pokoknya pokoknya…
ia merengek-rengek manja layaknya balita 2 tahun, padahal usianya udah ketambah 10 loh! 12 tahun peek… hehe. tapi wajar si, abisnya dia bungsu!
si bontot masih aja terisak-isak sambil nahan tawanya. aku masih cekikikan gak keruan. Ummi juga gitu. tapi gak lama kemudian, air mata si bontot pada 27 rajab 1431 itu brenti juga. doski meneng. hehehe..

sekitar jam 5an, Baba yang dari mana gitu baru rawuh. aku dipanggilnya disuruh mijitin. pas mijitin aku cerita soal air matanya si bontot tadi. Baba ketawa ngakak juga dengernya. abis lucu gitu.. bontot polos banget sih????

nah, maghrib-maghribnya, si bontot, kakak sama adek duduk diruang tengah. Baba ngampirin mereka, lalu duduk disampingnya si bontot. dipeluknya si bontot yang tengah rapuh itu –hehehe- dengan kata-katanya yang lembut, Baba segera melancarkan serangan Jabr Khothirnya
Baba: Isro’.. Isro’ itu berarti perjalanan malam menuju ketenangan dan ridlo Alloh..
sontak, si bontot sumringah sambil jingakat.
“haaaah??? kok bagus???” teriaknya. aku sama Ummi yang lewat langsung ketawa liat ekspresinya itu. dia ketawa-tawa bahagia sambil meluk Baba. mungkin maksudnya dia bilang “makasih” gitu ya. hehehe

akhirnya dengan mantap dan bangga sama namanya, si bontot bilang: aku seneng banget ama namaku! Ummi… namaku buagus! Abuya puinter Abuya! hehehe

walah si bontot… ada-ada aja katanya. Abuya mah emang pinter bin jenius ga ada tandingannya, emang kamunya aja yang telmi dan belom tau apa-apa. hehehe.
yah, buat si bontot: selamat ya. akhirnya kamu dapat kepastian arti namamu yang sempat kamu anggep aneh itu, ditanggal Isro’ Mi’roj pula. yakin toh, Abuya itu ga ngarah aneh-aneh dang a ada artinya kalo ngasih kita nama x) sekali lagi selamat yaaa… bontot. jangan nangis lagi! hehehehe…

<3 Abuya, rahimakallah ya Sayyidi.. engkau tak hentinya membuat senyum dihati kami. fajzakallah khaira jaza’… <3 <3 <3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar