Selasa, 04 Januari 2011

Behind The Scene

Sejak kecil saya emang sering banget sakit perut. Ma'lum ya, namanya juga kena maagh *tulisan maaghnya bener ga? Hehehe..

Yah, saya harus merasakan perih dan sakitnya perut yang kayak dilindes-lindes itu seorang diri. Mau dibagiin ke orang lain juga ga mungkin deh, en kayaknya ga bakalan ada yang mau hehe :D

Kalo udah kambuh sakitnya, saya cuma bisa nangis dikamar. Sambil meluk guling buat ganjel perut biar ga goncang. Duuuh.. Saya sampe sempat-sempatnya ngerasa kalo saya ga bakalan bertahan hidup lama lagi. Hehe.. Lagi-lagi ma'lum, lah. Masih 7 tahun, belum bisa mikir apa-apa. Yang dipikirin cuma "sakkiiiiiiittttt.....! --"

Nah, disaat-saat mengharukan dan kritis gitu, yang namanya orang sakit *apalagi masih bocah* tentu saja bawaannya itu pengen ditemenin, pengen ditungguin en ga mau ditinggalin. Saya juga gitu, secara saya ngerasa sakit ini sungguh menyiksa dan butuh pada orang buat menjadi penopang hidup. Alah lebay :D

Cuma... Ternyata Ummi nggak menuhin kepengenan saya. Jangankan nungguin, sekedar mampir 5 menit buat nemenin bentar aja enggak. Apalagi Baba tu, paling-paling cuma nengok buat tanya "udah minum obat?" kalo saya jawab udah ditinggal, jawab belum ya disuruh tapi setelah iitu ditinggal lagi

Huft. Saya ngerasa Ummi sama Baba kejam banget. Anaknya overdosis gini kok dibiarin terlunta-lunta seorang diri. Bisa-bisa saya depresi berlanjut frustasi nih hehe.. Mana sampe sekarang juga masih gitu lagi, kalo sakit tetep dibiarin sendiri. Saya merasa jadi anak yang dicampakkan oleh orang tuanya hehe

Ugh, heran. Padahal meskipun udah 18 tahun saya ini tetep anak kecil mereka yang masih punya sifat manja sampe kapanpun :DD

Sedih sih, saya kayak nggak di perhatiin sama sekali. Tapi...

Ternyata dibalik kecuekan itu ada rahasia. Ya, seperti biasa. Setiap gerak-gerik Ummi dan Baba mengandung unsur-unsur pendidikan untuk kami, anak-anaknya

***

Beberapa hari yang lalu saya sakit. Lumayan lama, sekitar ada 2 mingguan.

Saya melakukan kegiatan dengan malas, dengan lemas. Padahal tanggal 5 februari nanti ada ujian *hiks, doain ya biar sukses -kalo menurut ilmu nahwu, pembicaraan kayak gini namanya jumlah mu'taridhoh hehe, ga nyambung deh, kumat --"*

Disitu saya masih aja nggak faham sama sikapnya Ummi sama Baba yang cuek bebek terhadap saya.

Sampe suatu hari, ketika saya sedang mengaji ada keterangan seperti ini dari Baba:

"Allah menciptakan sakit setidak-tidaknya agar kita bisa mengeluh kepadaNya, karena kalau tidak sakit kita tidak bisa mengeluh kepada Allah. Kalau kita mengeluh kepada Allah tentu boleh bahkan harus, tapi kalau mengeluh kepada manusia itu yang tidak boleh. Karena tempat keluhan kita hanya Allah semata."

Oh! Saya terpukul sekali. Saya malu sekali. Saat itu juga, saya memahami arti cuek dari Ummi dan Baba

Ternyata baik Ummi maupun Baba tak pernah mencuekkan saya, apalagi mencampakkan.

Ummi dan Baba hanya ingin menjadikan tempat keluhan saya adalah Allah, bukan Ummi atau Baba.

Yaaa.. Bagaimanapun juga, ketika ada Ummi dan Baba disamping saya, saya akan mengeluh sakit. Saya akan mengadukan apa yang saya rasakan. Dan saat saya ditinggal, otomatis saya hanya akan mengeluh pada Allah. Satu-satunya Dzat yang selalu ada untuk saya, salah satu hambaNya yang penuh dosa..

Ah.. Ummi dan Baba mendidik saya sejak kecil. Meskipun secara tidak langsung, dan butuh waktu yang lama bagi saya untuk memahami maksud didikan tersembunyi itu. Dan kalau saya pikir, seandainya Ummi dan Baba tidak mendidik dengan macam seperti itu bahkan dengan kata-kata "jangan mengeluh," tentu saja itu sangat berat bagi saya.

Mungkin ada yang menganggap, Ummi dan Baba keterlaluan melihat usia saya yang masih 7 tahun -kala itu-, tapi mendidik itu sejak kecil, bukan saat sudah besar. Bahkan kata pepatah belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu. Dan itu ditanamkan Ummi dan Baba kepada saya: belajar tidak mengeluh sejak kecil agar ketika besar menjadi hamba yang benar-benar bisa mengandalkan Tuhannya. Karena itu Ummi dan Baba mendidik saya saat itu juga, tidak perlu menunggu sampai saya besar

Lagipula, saya terlalu jahat mengatakan Ummi dan Baba dengan yang tidak-tidak. Ummi dan Baba bukan tidak memperhatikan saya, buktinya -dan saya ingat jelas, meskipun dalam keadaan setengah tidak sadarkan diri- setiap malam Ummi dan Baba akan ada disamping saya. Saling membicarakan kesehatan saya, membicarakan dimana saya harus berobat, membicarakan apa yang boleh saya makan dan tidak agar saya tidak kambuh lagi.

Ah.. Saya berdosa telah berprasangka buruk pada Ummi dan Baba. Padahal sungguh besar cinta Ummi dan Baba untuk saya.

Sekarang ini saya hanya bisa berharap, semoga Allah memaafkan dosa-dosa saya, menjadikan saya anak yang berbakti, dan memberi kesehatan yang membawa ketaatan kepadaNya. Amiin.. Duaukum ya..

Wabillahittaufiq :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar