Selasa, 04 Januari 2011

Syukur.. :))

Syukuri apa yang ada.. Hidup adalah anugrah..

Gitu ya katanya d'masive. Dan nggak taunya d'masive tu bener juga..

Iya, emang bener. Beneeeeer banget, nilai 100 deh buat d'masive ehehe..

Hidup emang merupakan anugrah bagi kita semua ini. Bayangin deh kalo seandainya kita nggak dianugrahi hidup sama Allah. Pasti kita nggak ada dan nggak ngenal yang namanya Blog. *hahahaha :DDD*

Tapi ternyata buat mensyukuri anugrahNya itu nggak segampang nyanyiin lagunya d'masive. Malah cenderung repot

Cuma, kita nggak boleh langsung nyerah gitu aja. Orang kalo kita nggak hafal lagunya pasti bakal terus berusaha sampe bisa kok, jadi kenapa enggak buat terus berusaha menyukuri apa yang ada? Buat mensyukuri anugrah besar ini? Gampangnya, kenapa enggak buat ngamailin lagunya d'masive deh, hehe..

Lagian ni ya, nggak ada salahnya kok buat nyoba. Hal yang sulit tu nggak bakal jadi mudah kan kalo kita nggak mau nyoba. Sebaliknya, kalo kita mau nyoba, hal sesulit apapun -insyaAllah- jadi mudah. Tentunya dibarengi usaha juga..

Kalo udah kayak gitu, serepot apapun bersyukur selama kita mau nyoba dan usaha pasti bersyukur jadi mudah banget buat kita lakuin..

Nah, sekarang, yuk sama-sama kita nyari langkah-langkah biar selalu bisa dan mudah untuk mensyukuri apa yang ada dari anugrah ini!

***

Langkah pertama buat bersyukur yaitu..: ngeliat siapa yang ada dibawah kita dan nggak ngeliat keatas.

Contoh *terdekat*nya gini, seandainya kita dikasih Allah harta yang nggak begitu banyak, nilai yang agak dikit dan paras yang *ehem* pas-pasan, maka kita nggak boleh ngeliat orang yang lebih kaya, lebih baik nilainya, dan lebih elok nan menawan parasnya. *beuuuh bahasae rek! :D*

Bahkan kita musti ngelihat orang yang kurang beruntung daripada kita ini.

Banyak banget kok, orang yang hartanya nggak sebanyak yang kita punya, banyak orang yang nilainya dibawah rata-rata, dan banyak orang yang parasnya nggak lebih baik daripada paras kita.. Dan kita nggak bisa memungkirinya!

Oke, setelah kita ngelewatin langkah pertama, berikutnya kita musti ngelangkah yang kedua, yaitu berpikir.

Kita pikirin deh, ternyata kita tu nggak 'nelangsa-nelangsa' amat. Buktinya masih ada *banyak malah* orang yang nggak seberuntung kita. Ya kayak yang kita tau dilangkah pertama. Dan kita tu nggak sendirian, kita punya teman yang sama dengan kita! Lagian kalo kita pikir sekali lagi, apa yang udah kita dapetin tu mending banget daripada nggak dapet sama sekali. Ya to? *hehehehe*

Lalu langkah ketiga, kita renungin semuanya:

Kalo mereka ada dibawah kita, tu artinya kita sangat beruntung. Kita masih ada diatas mereka dan nggak ada dibawah mereka

Terus.., Allah itu Dzat yang Maha Adil lagi Maha bijaksana, dunia dan seisinya ini semua milik Allah. Jadi terserah Allah mau ngasih kita seberapa. Itu adalah suatu keadilan dan kebijaksanaanNya. Allah juga Dzat yang Maha Mengetahui, jadi tentunya Allah tau mana yang baik buat kita dan mana yang enggak.

Iya, kalo seandainya kita dikasih harta yang banyak, nilai yang baik dan paras yang sempurna kita bisa bersyukur dan nggak sombong. Nah kalo tidak? Dikasih sedikit aja masih amit-amit susahnya bersyukur, gimana kalo banyak? Jadi sekali lagi, bagian yang kita dapat tu merupakan suatu keadilan dan kebijaksanaan Allah, Tuhan kita.

Allah tau kok, bisa aja kalo kita dikasih yang lebih banyak malah jadi nggak karu-karuan kita. Bahkan mungkin banget tu. Makanya kita dikasih segitu sama Allah biar kita tetep bisa bersyukur -meskipun repot dan kita 'jarang'-. So, bener banget kan kalo Allah tu Maha Adil dan Maha Bijaksana? Hanya aja kita bisa nggak nerima keadilan dan kebijaksaan Allah itu?

Ya kher.., kalo kita tau bahwa kita tu jauh beruntung dibanding mereka dan Allah adalah Dzat yang Maha Adil, Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui, maka langkah selanjutnya tinggal menerima semua pemberian Allah dengan hati yang lapang dan puas..

Dengan begitu, kita pasti bisa mensyukuri apa yang ada, dan bersyukur nggak jadi hal yang repot lagi bagi kita.

Terus, yang musti mendorong semangat kita untuk bersyukur adalah ingat akan firmanNya dalam surah Ibrahim ayat 7 yang berarti:

"dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu mema'lumkan: sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni'mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni'mat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangatlah pedih."

So, kalo kita bersyukur Allah pasti menambah ni'matNya. Pastinya kita ini selalu ingin diberi lagi sama Allah kan? Hehe

Yah, semoga kita semua dijadikan Allah hamba yang selalu bersyukur atas ni'matNya, dan Allah senantiasa menerima rasa syukur kita.. And dont forget to say: Thank you Allah

Yuk sama-sama jadi hamba yang bersyukur!

Wabillahittaufiq.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar