Rabu, 19 Januari 2011

Sal' and Sulay'

Dulu, ketika khol (om) saya datang dari makkah (tahun 2008), saya diberinya beberapa kitab.

Salah satunya kitab bernama Dzikra minal Madinah Almunawwarah (Memories of the Luminous City, Dr. Khalid Mohammed Hamid)

Weuu, tentu aja saya seneng banget ya. Kitab itu (sesuai judulnya) nerangin semua tentang Madinah. Mulai dari Madina as seen from the Syrian gate 1907 C.E sampe yang namanya Ali's wells.

Ya.. Pokoknya Contentsnya gini:
The Merits of the Illumined City
The Prophets's Mosque
The Mosques of Madina
The Mountains of Madina
The Valleys of Madina
Important Places in Madina

Disertai hadits dan gambar-gambarnya pula. Gimana saya nggak seneng banget coba? Itung-itung buat obat rindu dan sebagai harapan:

Hari ini aku melihatnya lewat kitab, semoga suatu saat aku melihatnya dengan mata kepalaku sendiri.. Amin bijahi Sayyidil Mursalin :)

Nah, pas suatu hari ni, saya kembali ngeliat-liat kitab entu. Kali ini saya liatnya sama kakak saya (udah jelas kakak yang mana, cz kakak pertama dan ketiga ada di makkah, sedang kakak kedua ikut suaminya. Jelas kan kalo itu kakak saya yang Muhammad Hasan Alchodlir hehehe.. :D)

Posisinya, saya ada di depan halaman 98, kakak saya di depan halaman 99.

Kakak saya bilang "ni Jabal Sal', Lu."

Hah? Tentu saja saya kaget. Sal'? Sal' dari mana? Jelas-jelas Jabal Sulay' gini!

"loh, ini jabal Sulay' ca' Muuuh..!"
"jabal Sal', ah!"
"Sulay'!"

Saya dan kakak sempat eyel-eyelan gara-gara nama jabal itu. Saya pikir kakak saya itu bodoh, jelas-jelas Sulay', ada ya'nya kok ya'nya nggak di baca! Malah jadinya Sal', bodoh banget kan?

"kamu lihat mana sih? Ini ni! Jabal Sal'!" kakak saya nunjuk gambar dan tulisan di halaman 98. Saya nggak mau kalah,

"lha ini jabal Sulay'!" ujar saya sambil nunjuk gambar dan tulisan di halaman 99.

Seketika saya dan kakak terdiam.

Saya pun memberanikan diri melihat halaman yang ada di depan saya sendiri, dan kakak juga sebaliknya.

Kami masih terdiam.

Sesaat kemudian tawa kami pun pecah. Ngakak deh!

Ternyata saya ngeliat halaman yang ada di depan kakak saya, yaitu halaman 99 tentang jabal Sulay' sedangkan kakak saya melihat halaman 98 tentang jabal Sal' yang ada di depan saya...

Owalah...! Gitu! Ternyata baik saya atopun si kakak sama-sama nggak ngeliat halaman yang ada di depannya masing-masing!

Emang setel ni kakak adek, ada halaman di depannya kok malah ngeliat halaman yang laen.
Pantes aja jadinya ngeyel! :DDDD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar